Sinopsis Film “Watergate (Frost/Nixon)”

Sumber : imbd.com

Sumber : imbd.com

“Watergate” adalah istilah untuk menggambarkan rangkaian skandal politik antara tahun 1972 sampai 1974. Nama skandal itu diambil dari nama sebuah kompleks yang terdiri dari berbagai kantor, hotel dan apartemen di Washington DC. Di kompleks itulah pada tanggal 17 Juni 1972 lima laki-laki ditangkap ketika sedang memasang alat penyadap di perkantoran Komite Nasional Partai Demokrat.

Pada tahun 1972, markas Komite Nasional Demokrat yang terletak di lantai 6 Watergate Hotel dan Office Building, dibobol, dokumen-dokumen yang ada difoto, dan telepon disadap. Kejadian itu berada atas sepengetahuan Presiden Richard Nixon, dan akibat skandal itu, Nixon terpaksa mengundurkan diri 2 tahun kemudian.

Skandal ini bahkan, lebih heboh dibanding skandal presiden AS lainnya Bill Clinton yang melecehkan sekretaris pribadinya Monica Lewenski. Buktinya, Clinton tak mengundurkan diri karena skandalnya lebih pada moral, bukan perilaku politik. Senat Amerika juga tak berniat meng-impeach Clinton kendati wacana itu sempat terdengar. Di Amerika, kendati moral pemimpin tetap dipandang. Namun, tak menjadi kemutlakan dan masih dapat dimaafkan. Clinton bahkan tetap percaya diri tampil di publik dengan istrinya Hillary yang juga kemudian mencalonkan diri sebagai presiden AS.

Skandal seks Clinton bersama Monica Lewinski dipandang tidak sampai perlu menjatuhkannya. Sedangkan Nixon, kondisi dan nasibnya berbeda. Cara liciknya dalam merengkuh jabatan presiden membuatnya harus menelan pil pahit hasil perbuatannya sendiri. Nixon terpaksa lengser.

Kasus pembobolan serta penutupan fakta itu kemudian menyebabkan keluarnya dakwaan atas presiden Nixon. Dia pun harus mundur dari kursi presiden setelah berjuang keras, juga dengan sejumlah kelicikan. Kendati berhenti, Nixon berusaha mati-matian mengubur watergate. Meski, menyimpan bangkai akhirnya tercium juga baunya. Skandal Nixon akhirnya terbongkar oleh Deep Throat, seorang intelijen yang berhasil membongkar kasus ini bersama dua orang wartawan Bob Woodward dan Carl Bernstein.

Sosok Deep Throat sendiri terus menjadi misteri hingga berpuluh tahun kemudian. Banyak spekulasi yang beredar tentang siapa sesungguhnya yang berada di balik pengungkap skandal watergate ini. Dengan kelihaian, Deep Throat begitu piawai membongkar setiap alur skandal watergate melalui sejumlah laporan diharian The Wasington Post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s