Alasan Aerosmith Membatalkan The Global Warming Tour di Indonesia

Aerosmith. Sumber: http://www.tempo.co

Batalnya konser band rock legendaris Aerosmith di Indonesia mematahkan hati para penggemarnya. Tepatnya pada hari Sabtu 4 Mei 2013 yang lalu, pembatalan ini disampaikan oleh manajemen Steven Tyler dan kawan-kawan melalui akun Twitter Ismaya Live dan juga melalui website resmi Aerosmith.Group band raksasa asal Amerika Serikat ini direncanakan tampil di Parkiran Barat JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, 11 Mei 2013. Namun pada tanggal 3 Mei kemarin Ismaya Live, salah satu dari tiga promotor lainnya mendapat telepon dari kubu Aerosmith yang memberikan pernyataan untuk batal tampil. Pada saat itu promotor masih berharap adanya kemungkinan konser ini tetap berjalan, tetapi setelah mendapatkan surat pernberitahuan resmi pembatalan The Global Warming World Tour 2013 Indonesia oleh Mitch Schneider Organization (Manajemen Aerosmith) pada tanggal 4 Mei, Ismaya Live terpaksa mengumumkannya kepada publik dan bahkan harus mengembalikan uang penonton yang telah membeli tiket.

Padahal 85 persen tiket telah terjual dari total 15.000 penonton dan persiapan konser sudah mencapai 90 persen, tetapi karena adanya pembatalan ini promotor terpaksa mengembalikan uang (refund) sesuai dengan nominal tiket yang telah dibeli oleh konsumen mulai dari tanggal 11 Mei 2013.

Alasan yang dilontarkan oleh pihak Aerosmith adalah mengenai kondisi kemanan Indonesia yang mengkhawatirkan. Band yang sudah eksis sejak tahun 70-an ini memang tidak memberikan penjelasan yang detil mengenai hal tersbut. Namun sehari setelah Densus 88 menahan dua teroris yang berencana mengebom kedutaan besar Myanmar di Indonesia , pembatalan konser ini pun diputuskan. Bahkan Blur, salah satu raksasa britpop yang juga akan tampil 15 Mei ini sempat menanyakan tentang keamanan di Jakarta karena kejadian tersebut. Namun Dyandra Entertainment, selaku promotor Blur berhasil membuahkan respon yang lebih positif dari Blur.

Meresponi batalnya konser, banyak penggemar Aerosmith yang menyayangkan hal itu. Namun pihak Aerosmith juga sangat menyesal dan bahkan meminta maaf kepada seluruh fans. Bahkan Steven Tyler dan personil lainnya juga mengucapkan bahwa mereka berharap suatu saat dapat memenuhi harapan para penggemar Aerosmith Indonesia untuk datang kembali ke Tanah Air. Pihak Aerosmith juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Ismaya Live, Dyandra Entertainment, dan juga Sound Rythm. Hal itu ditanggapi dengan positif oleh para promotor dengan tidak menyampaikan protes ataupun kecaman. Tiga promotor ini masih mengupayakan pencarian tanggal lain untuk dapat menghadirkan kembali band hard rock Aerosmith ini.

Editor: Edwin Setiawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s