Mode 60-an Kembali Meledak di Dunia Fashion

Berbeda dengan 2012 yang lebih mencondongkan tema sinergitas timur-barat, kali ini dunia fashion diguncang dengan aliran mod (modernist).  Jobling dan Crowley, dua pemuda subkultur pertengahan tahun 60-an menyatakan bahwa mod merupakan obsesi mode dan pemujaan hedonistik dari hiper-keren yang dilakukan oleh para generasi dewasa muda tahun 60-an di kota metropolitan, seperti London dan kota-kota baru bagian Selatan.

Oleh karena itu, tidak heran fashion tahun ini akan dibanjiri dengan bold prints yang membingkai sisi menyenangkan tahun 60-an, warna-warna cerah, dan gaun atau rok A-line yang pendek. Para perancang busana setaraf Louis Vuitton, Michael Kors, Fay, dan Moschino tidak lupa juga menghadirkan getaran-getaran seksi, warna-warni, dan awet muda yang diinspirasi oleh artis-artis tahun 1950-1960an.

Tren musim semi tahun ini, yang dikampanyekan oleh Fay S/S 2013 dan Kate Spade lebih fokus pada dress dan rok pendek bersiluet A-line , busananya pun banyak menggunakan warna-warna komplementer, pastel manis, dan juga warna-warna cerah, bahkan prints hidup juga akan menghiasi busana tahun 2013 ini. Bukan hanya itu, di musim semi ini akan menghadirkan kembali tepian kerah yang dikontraskan dengan bentuk piping.

Sedangkan Louis Vuitton dan Moschino menghadirkan kembali pola graphic black & white yang salah satunya berbentuk checkerboard. Selain itu, ada juga bahan-bahan seperti wol, renda, payet, dan kulit riil yang akan ditonjolkan. Dari Fashion Show dua designer terkenal ini, penggunaan potongan boxy yang rapi dan line yang minimalis banyak digunakan.

Selain pakaian, fashion juga berbicara tentang make-up  dan aksesoris. Dalam memunculkan sisi fun tahun 60-an, aksesoris sangat berperan besar. Tahun 60-an sangat identik dengan kitten heels dan pointed pumps. Oleh karena itu, untuk mendukung pakaian ala sixty kitten heels, pointed pumpss, bahkan flat ankle boots dan Mary Janes sangat disarankan.

Tidak hanya sepatu, aksesoris lainnya seperti kacamata hitam berbentuk bulat yang dipakai John Lennon atau cat-eyes yang runcing di sisi luar atau pun kacamata hitam multicolor akan membuat penampilan lebih maksimal. Jika ingin menggunakan pelengkap lainnya, musim ini menawarkan pilihan seperti gelang warna-warni, anting bertulisan ala retro, sarung tangan putih, dan topi bowl yang eye-catching. Namun jangan lupa untuk menambahkan tas. Baik yang berbentuk satchel handbag, box kecil, atau pun clutch bag bermotif unik.

Editor : Debby Lufiasita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s